Pengertian Zaman Pra Aksara dan Zaman Aksara Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pembahasan tentang zaman pra aksara dan zaman aksara yang meliputi pengertian zaman pra aksara, pengertian zaman praaksara, pengertian zaman aksara, pengertian zaman pra sejarah, pengertian zaman prasejarah, pengertian zaman sejarah, pengertian zaman nirleka, pengertian sejarah menurut para ahli, pengertian masa pra aksara, pengertian sejarah sebagai ilmu, definisi sejarah menurut para ahli.

Pengertian Zaman Pra Aksara dan Zaman Aksara

Zaman pra-aksara atau prasejarah sering disebut nirleka yang berasal dari dua suku kata, yaitu nir dan lekaNir, artinya tidak ada, dan leka, artinya tulisan atau huruf. Dengan demikian, nirleka memiliki pengertian kurun waktu kehidupan manusia yang belum mengenal tulisan.

Prasejarah atau pra-aksara, artinya sebelum adanya peninggalan-peninggalan tertulis. Kajian utamanya didasarkan pada peninggalan-peninggalan berupa benda-benda. Zamannya disebut zaman prasejarah.

Jadi, zaman prasejarah adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan atau aksara. Dengan demikian, hal yang membedakan antara sejarah dan prasejarah terletak pada ada atau tidaknya peninggalan-peninggalan tertulis (aksara) dari kehidupan manusia yang bersangkutan.

Dalam praktiknya, istilah prasejarah bisa disamakan dengan istilah pra-aksara atau nirleka.
 Zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Praaksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang artinya sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan.
Begitulah penjelasan mengenai zaman praaksara, adapun mengenai Pengertian Zaman Praaksara Dan Aksara adalah sebagai berikut : Zaman praaksara adalah dimana zaman belum ada atau munculnya tulisan. Sedangkan zaman aksara adalah zaman dimana sudah mulai dikenal adanya tulisan.

Adapun sejarah (history), artinya ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang menyangkut kehidupan manusia yang terjadi pada masa lampau. Kajian utamanya didasarkan pada peninggalan-peninggalan tertulis (aksara). Zamannya disebut zaman sejarah atau zaman aksara.

Baca juga: Aktivitas Penduduk Pegunungan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Zaman Pra Aksara dan Zaman Aksara Menurut Para Ahli"

Post a Comment